Cara Agar Blog Ramai Pengunjung dan Banyak Komentar


Cara Agar Blog Ramai Pengunjung dan Banyak Komentar - Satu hal yang wajar ketika kita membuat blog, pasti blog tersebut ingin ramai dikunjungi banyak pengunjung, selain itu juga menginginkan banyak komentar yang masuk pada tiap postingan. Toh buat apa kita membuat blog kalau sepi pengunjung. Adapun komentar tidak menjadi patokan peringkat sebuah blog, akan tetapi menunjukan bahwa dengan banyaknya komentar setidaknya blog tersebut memang mempunyai pengunjung.

Sudah banyak penjelasan tentang cara membuat blog agar ramai pengunjung dan banyak komentar didalamnya. Akan tetapi, ada yang menarik perhatian saya ketika mengunjungi blog Odhzar Jhadeya, disampaikan dengan cerita fiksi, yang berupa konsultasi pemula dengan seseorang yang sudah malang melintang di dunia Blogging. Cerita ini akan saya suguhkan kembali buat sahabat blogger, dalam versi saya dan sedikit diberi tambahan.

Alkisah, ada seseorang yang baru membuat blog dan memang ia pemula di dunia blogging, sebut saja namanya "A". Dengan penuh semangat si "A" membuat postingan demi postingan. Waktu pun terus berjalan, 1-2 bulan blog si "A" masih sepi pengunjung dan hanya 1-2 komentar pada postingannya.

Si "A" pun menemukan seseorang untuk dijadikan tempat konsultasi, sebut saja namanya "B", akhirnya dimulailah percakapan antara "A" dan "B" walaupun hanya melalui sebuah email.

A : Saya sudah membuat blog dan banyak postingan, tapi kenapa masih sedikit pengunjung dan hanya 1-2 komentar saja? minta kritik dan sarannya dong
B : Saya sudah mengunjungi blog Anda, saya rasa pengunjung akan malas mengunjungi blog anda karena loadingnya terlalu berat. Coba hapus widget yang tidak diperlukan.

Si "A" pun kemudian membenahi blognya, dia buang widget-widget yang memberatkan dan tidak berguna. Sekarang blognya sudah jauh lebih cepat bahkan terasa ringan. Tapi.. tetap saja, sepi pengunjung dan komentar. Kembali si "A" menghubungi si "B"

A : Blog saya sudah ringan, tapi tetep aja masih sepi
B : Blog Anda sudah ringan memang, tapi tampilan blog anda tidak menarik. Teks yang sulit dibaca dan warna yang menusuk mata.

Si "A" mencoba membenahi blognya, memang ia sadar warnanya terlalu tajam, teks kecil, backroud dan teks yang sedikit samar. Ia benahi semua itu. Tapi.. tetap saja, sepi pengunjung dan komentar. Kembali si "A" menghubungi si "B"

A : Blog saya sudah ringan, tampilan sudah bagus,tapi tetep aja masih sepi
B : Blog Anda sudah ringan memang, tampilan menarik, tapi content blog Anda tidak berkualitas. Saya lihat banyak artikel copas, bahasa yang ga jelas, dll.
Dengan usaha yang keras, akhirnya si "A" berhasil membuat artikel yang fresh, penataan bahasa yang bagus, sederhana dan mudah difahami. Lambat laun pengunjung blogpun meningkat. Dan ternyata masih ada saja keluhan tentang komentar. Sepi dari komentar.

A : Sekarang sudah mulai banyak pengunjung, tapi kenapa masih sepi komentar?
B : Artikel yang Anda buat memungkinkan munculnya pertanyaan. Tapi saya malas berkomentar, mungkin yang lain juga karena Anda menggunakan komentar Facebook. Menurut saya, lebih bermanfaat tombol Like atau share ke facebook.

Oooh.. ternyata si "A" baru sadar, tidak semua blogger menyukai facebook, atau sempet suka tapi bosan dengan Facebook.

A : Saya sudah ganti ke komentar standard, masih sepi juga
B : Verifikasi captcha yang menyebabkan orang-orang malas berkomentar

Si "A" menghilangkan verifikasi captcha, dan kembali menghubungi si "B"

A : Captcha sudah saya hilangkan, jadi ga ada alasan lagi kayaknya nih
B : Saya coba membuat komentar di blog Anda. Semangat saya membuatnya, tetapi kata-kata "Komentar Anda akan muncul setelah dimoderasi", itu yang membuat saya malas untuk berkomentar lagi.
Wah.. masih ada aja ya... ia hilangkan captcha dan ia berfikir ayo apalagi, semuanya sudah beres. Si "A" kembali menghubungi si "B"

A : Ringan, tampilan bagus, conten original, komentar standar, tanpa captcha dan moderasi... Apa yang Anda sarankan saya telah laksanakan. Tapi tetep sepi komentar...
B : Saya lihat anda tidak pernah membalas komentar, saya malas memberikan komentar di blog Anda.

Komentar demi komentar di pelajari dan dibalas sebaik mungkin, tapi belum maksimal.. pengunjung belum sesuai harapan, begitupun dengan komentar...

A : Saya sudah berusaha ramah dan memberikan jawaban atas pertanyaan sahabat, apa lagi yang kurang?
B : Anda tidak pernah menulis komentar di blog saya, bagaimana mau berkomentar di blog Anda?bagaimana blog Anda mau dikenal luas di kalangan blogger, kalau tidak pernah mengunjungi mereka?

Sahabat, semoga gambaran di atas menjadi sebuah pelajaran bagi kita. Saya pribadi masih belum bisa melaksanakan semua hal di atas. Mungkin sahabat juga begitu. Terbentur dengan pekerjaan atau kesibukan lainnya.

Blog yang ringan, tampilan menarik, content yang berbobot, dan pertimbangan memasang captcha dan moderasi.. itu dapat menarik pengunjung ke blog kita. Captcha dan moderasi memang di perlukan untuk mengatasi spam. Tapi menurut hemat saya, blogger lebih aman dari spammer kalau di banding WP.

Blog saya tanpa Captcha dan Moderasi. Coba bandingkan, lebih enak di blog saya berkomentar atau di blog yang pasang captcha dan moderasi?

Selain itu, hal yang sangat penting tentunya, kita harus rajin blogwalking dan ramah terhadap pengunjung blog dengan menjawab komentar2 blogger.

Semoga bermanfaat...

Suka artikel ini ?

About Unknown

Admin Blog

222 komentar

Click here for komentar «Oldest   ‹Older   1 – 200 of 222   Newer›   Newest»
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 6:22 AM

bagus juga postingannya... lihat blog saya juga ya...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 6:56 AM

mantab om sangat bermanfaat,,,

ditunggu kunbalnya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 7:15 AM

saya suka komentar diblog agan :D
soalnya memenuhi dalam checklist artikel anda :D

mantap gan :D
Salam Kenal dari ViperGoy Blog

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 7:20 AM

Terima kasih atas infonya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
June 1, 2013 at 7:27 AM

wkwk bner bnget gan , kren ceritanya , klo gitu saya nyoba komentar di blog agan supaya terkenal di dunia blogger hehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 1:36 PM

ada ceritanya juga, jadi semakin bermakna.. :)

Kerja yang Bagus gan,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 2:59 PM This comment has been removed by the author.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 3:24 PM This comment has been removed by the author.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
June 1, 2013 at 6:18 PM

haha
itulah pentingnya blogwalking :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 9:13 PM

ini dia yang saya cari nih.. terima kasih gan..
mampir balik ya..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 9:17 PM

mantap gan,
di tunggu komen backnya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 9:20 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 10:51 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 1, 2013 at 11:00 PM

Waahh,oke ntuh infonya?
artikelnya menarik sob,soalnya sama kamu di buat dialog...

KUNBAl,saya tunggu

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 2, 2013 at 12:59 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
June 2, 2013 at 5:55 AM

info yang bermanfaat, blog saya sedikit sepi

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 2, 2013 at 7:22 AM

Kalo menurut aku sih blogging itu yg utama memang networking. Semakin banyak temen sesama blogger saling berkunjung semakin banyak komentarnya..sebab contoh ada dua blog ngomongin tentang hal yg sama tapi jumlah komentarnya beda, balik ke itu tadi networking, blogwalking and connect :) Great post!

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 2, 2013 at 10:35 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 2, 2013 at 9:35 PM

wah mantap... :d ini bisa jadi pengalaman berharaga... ;(

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 2, 2013 at 11:39 PM

ini dia model yang aku suka, lebih mudah dipahami dengan menggunakan dialog

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 3, 2013 at 3:13 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 4, 2013 at 5:53 PM

Keren nie gan.
Tutorialnya versi percakapan.
Mantap
TOP BGT

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 5, 2013 at 3:11 AM

Benar sekali ini mah.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 6, 2013 at 12:15 AM

Saya setuju banget dengan tanggapan dari si B !! :-D
Dan bagus banget bisa di share lewat blog ini, tapi sangat disayangkan kalau tidak bisa di aplikasikan disini.. saya perhatikan dari sekian banyak yang comment kok blm ada balasan dari penulis nih?? ^_^
Heheheh..

Yuuk mampir ke blog saya >> http://j.mp/domainbaru
Mudah-mudahan setiap komentar selalu saya tanggapi kok!! Dan pasti dapet kunjungan balik deh dari saya..

Salam Blogger..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 6, 2013 at 2:16 AM

bukannya saya tidak ingin balas.. saya hanya ingin balas orang yang mendapatkan problem/ lain lain, yg blogwalking sih gak terlalu di balas gan, paling kalau dibalas, ok sob doang :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 7, 2013 at 12:02 AM

salam kenal gan..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 7, 2013 at 12:03 AM

sama2 gan, sering mampir ya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 7, 2013 at 12:03 AM

hehehe :-)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 7, 2013 at 12:04 AM

btw ini bukan kerja saya mas.. ini kerjanya Kang Ismet :>)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 7, 2013 at 12:06 AM

makasih gan.. (o)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 13, 2013 at 7:14 AM

makasih pencerahannya..mampir juga ke lapakku ya...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 14, 2013 at 10:23 PM

ok.. :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 20, 2013 at 11:48 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 22, 2013 at 7:53 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
June 25, 2013 at 3:33 AM

kutipannya bagus banget,, tetap semangat ya om

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 1, 2013 at 10:50 AM

ok gan..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 1, 2013 at 10:52 AM

bener tuh sob (y)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 1, 2013 at 10:52 AM

sama2 gan, ok saya mampir balik..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 1, 2013 at 10:54 AM

berterima kasih sama kangismet om bukan sama saya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 1, 2013 at 10:55 AM

ok ane review :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 1, 2013 at 10:57 AM

hahaha bener tuh sob, blogwalking and connect.. tapi masih ada lagi sob.. ping-ing sewajarnyam cari backlink, dll, thanks atas komentarnya..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 4, 2013 at 12:57 PM

terimakasih atas info nya.. salam kenal :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 10, 2013 at 2:50 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 11, 2013 at 1:51 AM

terima kasih, sangat membantu :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 16, 2013 at 12:13 AM

tips nya seru! thanks.. :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 17, 2013 at 4:26 PM

Hehehe... :-D
Thanks comment saya udah dibalas sama admin nih..

Salam kenal yaa!! :>)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 17, 2013 at 11:24 PM

wah boleh nih..
o iya, min katanya mau pasang bannerku? mana kok belum dipasang juga? 8-)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 18, 2013 at 7:00 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
July 28, 2013 at 10:20 AM

dan saya adalah pemeran A di cerita anda :D
kunjungan balik + komentarnya gan. biar agan gak jadi si A hehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
July 30, 2013 at 6:07 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 30, 2013 at 4:04 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 31, 2013 at 6:20 AM

makasih tutorialnya, akan saya praktekkan di blog personal bimtri

salam

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
July 31, 2013 at 11:15 PM

salam kenal, makasih atas artikelnya sangat berguna bagi saya yang lagi ingin agar blog saya ramai pengunjungnya,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 1, 2013 at 6:36 PM

hmm. postingnya bagus sesuai dengan realita aku sih. thanks

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 5, 2013 at 8:46 AM

Artikel yang bagus dan mudah difahami terimakasih.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 5, 2013 at 2:35 PM

Mantap gan ceritanya..
Salam Kenal ya..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
August 7, 2013 at 9:46 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 9, 2013 at 1:43 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 10, 2013 at 3:17 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 11, 2013 at 9:55 AM

mau ty gan..penting mana ya banyaknya komentar atau link in..thx

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 11, 2013 at 7:20 PM

penting 2 2 nya sih gan menurut ane..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 11, 2013 at 10:35 PM

wah bermanfaat banget nih gan untuk ninggkatin komentar ane,,, makasih mas,,,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 11, 2013 at 11:35 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 12, 2013 at 10:34 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 12, 2013 at 4:55 PM

Mantaap Gan.,. kunBal gan.,.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 12, 2013 at 10:17 PM

Makasih..
infonya mantap..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 12, 2013 at 11:52 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 14, 2013 at 7:53 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 14, 2013 at 11:59 AM

Kalau menurut saya Moderasi & Chapta masih tetap diperlukan, salam kenal...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 15, 2013 at 3:00 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 15, 2013 at 7:14 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 15, 2013 at 10:58 AM

tanks

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 16, 2013 at 8:34 AM

oh... bermanfaat banget buat gw yg masih baru. thx alot yah :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 16, 2013 at 11:09 PM

wah, keren pakai cerita kayak gini dan bisa ditiru ni konsepnya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 17, 2013 at 6:38 AM

nice info,.
. keep writing.
. dont forget visit back and koment.
. (^_^)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 18, 2013 at 2:48 AM

info mantap nih buat pemula kaya saya hehehehe
mampir juga dong ke blog saya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 18, 2013 at 12:28 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 18, 2013 at 8:47 PM

siipp bos,,
jangan lupa kunjung balik za mohammadzuhri

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 19, 2013 at 10:37 AM

iyo ceritanya mantap bgt bang..
btw mau tanya kalo yang komen itu cuma yang punya blog doang ya?
ato bisa masuk melalui fb or twitter dlu baru bisa comen bang?
makasih..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 21, 2013 at 3:20 AM

waaah,, hebat boss, bisa jadi dialog kayak gitu..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 21, 2013 at 7:23 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
August 22, 2013 at 6:50 AM

mantab sob, pemula kyk ane, jadi mudah dimengerti :)
Salam kenal ya sob, mampir balik yaa..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 23, 2013 at 4:53 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 24, 2013 at 7:28 AM

sep bener banget gan, feedback itu penting, jadi saling blogwalking ke blog orag lain juga. promoin di grub facebook juga bisa menambah ramai pengunjung, kemudian sikap kita terhadap orang lain, yup ramah, dan welcome terhadap semua :D
terimkasih artieklnya mantab gan,
blognyaa juga keren,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 25, 2013 at 5:17 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 25, 2013 at 9:18 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rin
August 28, 2013 at 2:02 AM

kamu ngomongin aku ??
:-bd :-bd

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 30, 2013 at 2:28 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
August 31, 2013 at 10:31 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 5, 2013 at 6:23 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
September 7, 2013 at 9:44 AM

wah,keren :v , kebetulan saya awam,mampir juga di tempat ane bro :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 12, 2013 at 7:10 AM

Mantap cerita nya gan,Trims atas info nya juga, jgn lupa gan mampir di blog ane

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
September 13, 2013 at 2:25 AM

Top Markotop deh&^^

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
September 13, 2013 at 11:20 PM

keren artikelnya...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 16, 2013 at 12:33 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
September 18, 2013 at 12:23 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 18, 2013 at 1:01 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 22, 2013 at 12:24 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 24, 2013 at 4:19 AM

mampir ke blog ane juga donk :D
nice tips gan ..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 25, 2013 at 2:41 PM

sangat membantu...terima kasih gan..
mampir balik ya..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 25, 2013 at 10:22 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 26, 2013 at 7:37 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
NN
September 26, 2013 at 4:13 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 26, 2013 at 11:09 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 27, 2013 at 12:07 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 28, 2013 at 10:24 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 29, 2013 at 12:12 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
September 29, 2013 at 12:55 PM

infonya sangat bermanfaat untuk saya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
September 29, 2013 at 9:23 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 2, 2013 at 2:39 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 4, 2013 at 9:36 AM

Salam kenal Mas.. artikel nya sangat bermanfaat
izin simak untuk saya pelajari, salam sukses yah

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
October 4, 2013 at 9:38 AM

Banyak juga yah Mas Comments yang pada Nyepam..
Belum pada tau kali yah..? hhhhhh keren Mas Adminya..
Sukses terus Mas,,.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 4, 2013 at 7:04 PM

hehehe iya amin, makasih atas kunjungannya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 8, 2013 at 3:52 PM

nice posting! (y) salam kenal :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 10, 2013 at 10:06 AM

jadi banyak pertimbangan juga soal komentar,captcha,dan moderasi komentar,
saya kira lebih keren kalau gtu

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
October 13, 2013 at 12:22 AM

dalam mengurus blog game susahnya ituloh ramah sama orang karna kebanyakan pada kasar kalau ng work,artikel yg bermanfaat

comeback

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
October 13, 2013 at 12:25 AM

dan yg paling yaitu optimasi on - page dan off-page sob dan backlink dan itu merupakan hal pertama

kunbal

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 15, 2013 at 4:13 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 16, 2013 at 12:24 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 16, 2013 at 7:44 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 18, 2013 at 9:00 PM

Kalau menurutku cara paling gampang ya blogwalking saling berkomentar seperti ini karena menurut adat istiadatnya kan sesama blogger saling menggunjungi, tul gak :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 18, 2013 at 11:57 PM

bener banget mas :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 24, 2013 at 6:47 PM

Mantap mas bro

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
October 26, 2013 at 6:23 AM

dan jangan lupa agar berdoa pada tuhan biar dilancarkan

comeback

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 27, 2013 at 12:18 AM

bermanfaat sob ..

ditunggu kunjungannya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
October 27, 2013 at 7:07 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
November 8, 2013 at 12:33 AM

Artikel keren nich gan kebetulan lapak ane masih sepi

:2thumbup

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
November 11, 2013 at 2:06 AM

Bagus ceritanya, menarik sekali :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
November 15, 2013 at 1:29 PM

ceritanya menarik sob, klau gitu ayo kita saling follow dan komentar. salam blogger

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
November 16, 2013 at 7:09 PM

salam kenal bos....keren top

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
November 30, 2013 at 6:42 AM

makasih min buat infonya... sedang belajar soalnya. :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
December 10, 2013 at 8:35 AM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
December 25, 2013 at 8:47 PM

wah bermanfaat bgt ya gan :D thanks pencerahannya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
December 28, 2013 at 4:07 PM

tolong mampir ya di blog saya gan

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
December 30, 2013 at 1:45 AM

Gan, gan, mampir di blog saya juga ya..
Blog saya udah 6 bulan lebih, postingan lumayan banyak, komentar di blog lain juga ada,berat dibawah 100kb, tampilan lumayan, tapi kok masih sepi yaa gan??
http://ourteamnara.blogspot.com

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
December 30, 2013 at 8:35 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
December 31, 2013 at 4:26 PM This comment has been removed by a blog administrator.
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:38 AM

ok

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:39 AM

oke meluncur

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:39 AM

heheheh bukan sama saya tapi saya kangismet

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:40 AM

blogwalking aja sob PASTI rame

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:40 AM

hehehehehe knp sedih sob?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:40 AM

iya bener aku juga suka bgt sama yg kaya gini

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:41 AM

thx

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:41 AM

salam kenal juga :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:41 AM

sama2 -salam kenal-

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:41 AM

sama2

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:41 AM

sama2

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:42 AM

udah disini http://sch-xp.blogspot.com/2013/05/tukar-link-dengan-sch-xp.html

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:42 AM

bisa aja nih :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:43 AM

sama2

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:43 AM

sama2 gan semoga blognya lancar :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:43 AM

hehehehe thx

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:44 AM

sama2, makasih udah berkunjung

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:44 AM

sama2
salam kenal juga

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:45 AM

sama2 mas, makasih udah berkunjung

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:45 AM

thx, makasih udah berkunjung

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:45 AM

sama2

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:46 AM

kalo itu buat saya memang perlu, tapi ngga enak kalo ada chapca mas, salam kenal

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:46 AM

h nya kurang mas

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:46 AM

sama2

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:47 AM

oke

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:47 AM

heheh sama2 saya juga pemula, oke sob

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:47 AM

ok boss

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:48 AM

yg punya akun google bisa komen, kalo komen fb itu harus dipasang dulu mas, ada tutorialnya disini :
http://sch-xp.blogspot.com/2013/08/cara-membuat-kotak-komentar-facebook.html

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:48 AM

thx bos

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:49 AM

saya juga pemula sob, salam kenal, sip

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:49 AM

hehehe makasih banyk

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:49 AM

hehehe ngga :P

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:50 AM

oke bro

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:50 AM

^^

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:50 AM

ok sob

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:51 AM

sama2, ok gan

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:51 AM

makasih dah berkunjung :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:51 AM

oke sob, salam sukses juga

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:52 AM

salam kenal :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:53 AM

yeyeye iya sob

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:53 AM

iya bener sob

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:53 AM

hehehe iya sob makasih

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:53 AM

thx

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:54 AM

oke

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:54 AM

oke tunggu ane di blog agan

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:54 AM

hehehe iya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:55 AM

ayok sob -salam blogger-

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:55 AM

salam kenal juga bos

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:56 AM

sama2, saya juga sedang belajar

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:56 AM

sama2 gan

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:56 AM

oke

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 1:57 AM

coba sobat blogwalking ke grup2 facebook cari aja dengan judul
Blogger Indonesia
Blogwalking Indonesia
sebenernya masih banyak sob, silahkan cari sendiri ya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 6:42 AM

terimaksih infonya..
kunjungi blog saya ya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 1, 2014 at 6:47 AM

ok

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
January 3, 2014 at 4:02 AM

Bener, memang selain bermanfaat dalam menghasilkan uang dan menambah pengetahuan blogging juga bermanfaat dalam menambah teman. :) Khususnya teman blogger juga.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
January 3, 2014 at 4:18 AM

Emmm saya sebelumnya sudah pernah baca artikel ini, di link sumber itu... Saya punya saran untuk blog ini.
1. Untuk komentar spam, sebaiknya delete permanen ajah. Jangan hanya delete komentar karena menurutku sangat tidak enak dipandang.
2. Komentar sebaiknya di berik overflow/scroll agar halaman tidak terlalu panjang ke bawah.

Mungkin itu saja saran saya, nanti kalau ada lagi aku tambahin... Hehehehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 4, 2014 at 1:41 AM

Ok gan, thanks infonya...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
January 4, 2014 at 5:41 AM

Sarannya joss banget (y) WEB - Irfan

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 6, 2014 at 6:57 AM

ni blog nya mas
http://kitasemu.blogspot.com

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonymous
January 8, 2014 at 6:20 AM

Kalau menurut saya moderasi lebih penting daripada capcha dikarenakan kita bisa memantau secara langsung komentar. :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 15, 2014 at 1:55 AM

Mantap Gan
Kunjungi Blog Saya juga gan .. dan tolong nilai di http://www.sedotwcjakartadki.com/2014/01/ahli-sedot-wc.html

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
January 18, 2014 at 8:29 PM

Hehehe,, itulah gunanya blogwalking :D
banyak bner komentar yg dhapus :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
February 2, 2014 at 4:17 AM

Cr jelasinnya bagus gan :D
Ditunggu kunjungan baliknya

Balas
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 222   Newer›   Newest»

Tolong berkomentar sesuai topik pembicaraan, dilarang spam dan jangan menaruh link aktif, terimakasih. Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan